Bagi Anda pengguna aktif Twitter, baik untuk bisnis maupun promosi akun pribadi, tentunya ingin mengetahui performa dari setiap postingan yang Anda unggah. Performa tersebut dapat Anda ketahui melalui engagement rate Twitter. Namun, apa itu engagement rate Twitter dan bagaimana cara untuk menghitungnya? Cek di sini!
Contents
Apa Itu Engagement Rate Twitter?
Engagement rate Twitter adalah suatu persentase dari aktivitas followers ataupun audiens dalam menanggapi postingan Anda. Contohnya, bila ada 1 like dari audiens untuk postingan Anda yang telah tampil pada 10 layar beranda akun Twitter berbeda, maka persentase Engagement Rate (ER) sebesar 10%.
Sehingga, semakin besar persentase ER, artinya semakin banyak audiens yang berinteraksi dan terpengaruh terhadap postingan atau cuitan Anda di Twitter. Hal ini tentunya berdampak positif bagi Anda yang bekerja di bidang digital marketing, karena menandakan kampanye online yang Anda buat sukses.
Selain dapat menilai performa dari postingan akun Twitter Anda pribadi maupun bisnis, Anda juga dapat menilai performa postingan milik akun Twitter lain. Contohnya bila Anda ingin bekerjasama dengan influencer yang aktif di Twitter, maka Anda perlu menghitung ER nya terlebih dahulu untuk memastikannya.
Selain itu, mengetahui ER milik brand kompetitor juga perlu, jika Anda ingin mengadopsi atau membutuhkan referensi konten yang tepat untuk bisnis.
Cara Manual Menghitung Engagement Rate Twitter
Setelah mengetahui apa itu engagement rate Twitter, Anda bisa coba untuk menghitungnya sendiri secara manual dengan berbagai rumus berikut ini:
1. Engagement Rate Reach (ERR)
Reach artinya jumlah akun yang telah melihat postingan Anda di Twitter. Nah, jika jumlah reach postingan Twitter Anda berjumlah 100 dan jumlah aktivitas (engagement) audiens, seperti like, komen, atau share berjumlah 5, maka ER nya adalah:
ERR= (Jumlah engagement per postingan/Reach per postingan)x100
= (5/100)x100= 5%
2. Engagement Rate Post (ER Post)
Selain dapat menggunakan jumlah reach postingan Anda di Twitter untuk menghitung ER, Anda juga bisa menggunakan jumlah followers akun Anda. Apabila Anda memiliki 600 followers dengan total engagement 20 pada satu postingan, maka ER Twitter Anda, yaitu:
ER Post= (Jumlah engagement dalam satu postingan/Jumlah followers)x100
= (20/600)x100= 3,33%
3. Engagement Rate Impression (ER Impression)
Cara manual lainnya dalam menghitung engagement rate Twitter adalah menggunakan jumlah impression sebuah postingan atau total tayangan postingan Anda pada beranda pengguna Twitter. Apabila postingan Anda tayang sebanyak 50 kali dan mendapatkan engagement sebanyak 7, maka ER nya sebesar:
ER Impression= (Jumlah engagement dalam satu postingan/Jumlah impression)x100
= (7/50)x100= 14%
4. Daily Engagement Rate (Daily ER)
Selain itu, Anda juga bisa menghitung ER Twitter secara daily atau harian. Jadi, Anda bisa mengetahui persentase performa keseluruhan postingan Anda dalam satu hari. Jika Anda memiliki follower sejumlah 1.000 akun dan total engagement dalam satu hari sebanyak 100, maka ER nya sebesar:
ER Harian= (Jumlah engagement dalam satu hari/Jumlah followers)x100
= (100/1.000)x100= 10%
5. Engagement Rate Berdasarkan Views
Twitter juga dapat mengunggah konten berbentuk video. Nah, bila Anda memiliki konten video di Twitter, Anda juga bisa menghitung ER menggunakan jumlah views atau penonton dari konten tersebut. Jika penonton konten video Anda berjumlah 30 dan total engagement nya sebanyak 10, maka persentase ER nya, yaitu:
ER View= (Jumlah engagement dalam postingan video/Jumlah views video)x100
= (10/30)x100= 33,33%
6. Factored Engagement Rate
Opsi terakhir dalam menghitung ER Twitter adalah berfokus pada salah satu jenis aktivitas audiens terhadap postingan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengetahui ER likes pada postingan Anda. Nah, bila jumlah likes pada satu postingan ada 10, sementara jumlah engagement lainnya 5, maka persentase ER nya, yaitu:
Rumus ER (likes)= [(Jumlah likesx2)+Engagement lainnya]x100
= [(10×2)+5]x100= (20+5)x100= 2.500%
Cara Menghitung Engagement Rate Twitter dengan Tools
Jika Anda tidak mau susah payah menghitung secara manual untuk mengetahui ER Twitter, Anda dapat menggunakan beberapa tools yang mampu menghitung ER secara otomatis. Berikut tutorialnya:
1. Profesional Home
Profesional Home merupakan fitur yang tersedia pada platform Twitter, yang dapat Anda manfaatkan untuk mengecek ER Twitter harian secara real time.
Tetapi, Anda tidak dapat menggunakannya untuk mengetahui ER dari akun Twitter lain. Karena hanya bisa tampil pada masing-masing dashboard pemilik akun. Berikut tata caranya:
- Pastikan akun Anda sudah di setting menjadi akun profesional. Anda bisa ke pengaturan profil di menu More atau Lainnya.
- Kemudian, pilih Profesional Home.
- Setelahnya, kamu bisa cek engagement rate di menu Profesional Home. Selain engagement rate, di fitur ini kamu bisa melihat impressions, profile visit, dan link clicks.
2. Analisa.io
Jika akun Twitter Anda belum diubah menjadi akun profesional atau ingin mengetahui engagement rate Twitter milik akun lain, Anda dapat menggunakan tools atau website Analisa.io. Berikut cara menggunakannya:
- Kunjungi website analisa.io.
- Pilih fiturTwitter Analytics.
- Tulis nama akun yang akan Anda analisis ER pada Profile Analytics. Tunggu sesaat, maka akan muncul data ER akun Twitter tersebut.
3. Mention.co
Tools lainnya yang juga bisa Anda manfaatkan adalah mention.com. Berikut tutorial cara mengecek ER Twitter:
- Kunjungi website mention.com.
- Masukkan username Twitter yang ingin Anda lihat analyticsnya.
- Lalu, click Calculate engagement rate. Maka engagement rate akan terlihat. Di sini ER akan dihitung dari 10 tweet terakhir dan diberitahu indikator ER apakah termasuk sangat bagus, bagus, atau kurang.
4. Twitter Analytics
Cara terakhir adalah menggunakan tools dari Twitter, yakni Twitter Analytics. Caranya hampir mirip dengan cara pertama, namun Anda perlu berkunjung ke situs resminya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah penggunaannya:
- Kunjungi laman Analytics Twitter, kemudian Sign in menggunakan akun Twitter Anda.
- Jika sudah berhasil masuk, silahkan klik “More” yang terletak pada sidebar kiri layar gadget Anda.
- Ketika muncul beberapa pilihan menu, klik “Creator Studio”, lalu klik lagi “Analytics”.
- Berikutnya Anda akan menuju laman Twitter Analytics. Apabila fitur analitik Anda belum aktif, silahkan klik opsi “Turn analytics on”. Nantinya, akan muncul dashboard analitik yang menampilkan sejumlah grafik serta angka statistik.
- Pada dashboard ini, Anda dapat melihat informasi umum perihal performa postingan dan profil Anda. Kolom “28 days summary” merupakan informasi awal perihal performa akun Twitter Anda selama 28 hari. Selain itu, Anda juga bisa melihat informasi lain, misalnya impression, kunjungan profil, dan sebagainya.
- Selanjutnya, gulir layar gadget Anda ke bawah, jika ingin melihat rincian performa akun Anda dalam satu bulan. Anda dapat melihat data top followers, profil visit, follower growth, tweet impressions, top tweet, dan mentions.
- Kemudian, Anda bisa klik opsi “View all Tweet activity”, bila ingin melihat statistik kinerja postingan yang Anda bagikan. Anda akan melihat suatu grafik perbandingan mengenai tayangan postingan dalam periode waktu tertentu.
Sudah Paham Apa Itu Engagement Rate Twitter?
Jadi, engagement rate Twitter adalah suatu persentase mengenai performa postingan Anda terhadap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna Twitter lain. Anda bisa menghitungnya sendiri, baik cara manual maupun otomatis. Agar dapat mengevaluasi kualitas konten yang Anda unggah selama ini. Selamat mencoba!
Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.