Apa itu engagement rate TikTok? Bagi yang mengenal media sosial mungkin kerap mendengar istilah engagement rate. Tidak bisa dipungkiri media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan kita, terutama TikTok. Aplikasi media sosial ini menjadi salah satu yang favorit.
Kabarnya, pengguna TikTok sudah lebih banyak dari Instagram. Menggunakan TikTok bukan sekadar berbagi informasi melainkan bisa untuk kebutuhan digital marketing. Banyak orang memasarkan produknya melalui TikTok dan berhasil.
Melalui hal tersebut kemudian muncul istilah engagement rate. Pembahasan selengkapnya silakan mengikuti ulasan berikut.
Contents
Apa Itu Engagement Rate TikTok?
Penghasilan yang kreator dapatkan melalui TikTok sangat dipengaruhi adanya ER atau engagement rate. ER merupakan sebuah istilah di dalam digital marketing untuk mengukur berapa banyak pengikut atau followers yang terlibat dengan Anda atau konten Anda.
Keterlibatan tersebut mencakup interaksi di antara pemilik akun dengan followers-nya. Misalnya memberikan like atau berkomentar di postingan akun tersebut. Semakin banyak interaksi yang berlangsung, biasanya semakin tinggi engagement rate-nya.
Salah satu ciri engagement rate TikTok yang baik adalah ketika konten tersebut memperoleh banyak atensi dari para followers. Sebagai sebuah alat riset, ER ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan audiens berdasarkan berapa banyak interaksi pada konten tertentu.
Penilaian tersebut bisa Anda lakukan dengan melihat mana postingan yang memiliki jumlah ER paling tinggi maupun sedikit. Dengan begitu, Anda bisa menghadirkan konten secara lebih tepat sehingga target konten pun akan lebih antusias. Pada akhirnya ER setiap konten Anda cenderung tinggi semua.
Cara Menghitung Engagement Rate TikTok
Setelah memahami apa itu engagement rate TikTok, bagaimana cara menghitungnya? Berikut pembahasannya:
1. Menggunakan Hype Trace
Cara pertama yaitu memanfaatkan sebuah website bernama Hype Trace. Hype Trace adalah salah satu situs yang banyak dimanfaatkan untuk menghitung engagement rate. Untuk konsep penghitungannya berdasarkan username akun.
Nanti, Anda harus memasukkan username akun TikTok yang ingin ER-nya Anda hitung. Langkah-langkahnya yaitu:
- Buka website Hype Trace.
- Lalu masukkan username TikTok di kolom yang tersedia.
- Berikutnya, klik Analyze.
- Sekarang website akan mulai menganalisis ER.
- Setelah beberapa menit, Anda akan mendapatkan hasil analisanya.
Sebagai informasi, Hype Trace bisa Anda gunakan secara gratis. Anda bisa mengecek ER berbagai akun media sosial yang Anda inginkan.
2. Menggunakan Hype Auditor
Website berikutnya untuk menghitung engagement rate TikTok yaitu Hype Auditor. Sudah banyak pengguna website tersebut dan bukan sekadar untuk menghitung ER TikTok melainkan media sosial yang lain, seperti Instagram.
Cara menghitung ER lewat Hype Auditor sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
- Buka aplikasi Hype Auditor menggunakan browser.
- Anda harus memasukkan username pada kolom yang sudah ada.
- Jangan lupa beri centang untuk “I’m not a Robot”.
- Langkah selanjutnya, klik Check.
- Sekarang sistem pada Hype Auditor akan mulai melakukan analisis ER.
- Anda akan mendapatkan hasilnya, lalu pilih View Full Report.
Keunggulan Hype Auditor yaitu memberi informasi secara lengkap. Anda bisa melihat tipe audiens, gender audiens, skor kualitas akun, kenaikan jumlah pengikut, dan lain-lain.
3. Menghitung ER dengan Inbeat
Cara menghitung engagement rate TikTok juga bisa lewat Inbeat. Inbeat adalah sebuah website yang cukup populer dengan cara kerja hampir sama dengan Hype Trace. Anda tinggal memasukkan username atau user ID akun TikTok target.
Cara menggunakan Inbeat yaitu:
- Buka website Inbeat Engagement Rate.
- Pada halaman utama, Anda disambut beberapa kolom. Masukkan user ID.
- Sekarang Inbeat akan mulai menjalankan analisanya.
Inbeat bisa Anda gunakan secara gratis. Akan tetapi, Anda harus registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan email. Setelah itu, Anda dapat menikmati layanan yang ada.
Faktor yang Mempengaruhi ER TikTok
Terdapat beberapa faktor penting yang dapat berpengaruh terhadap engagement rate TikTok, yakni:
1. Komentar
Bagi sebuah brand, komentar menjadi cara yang bagus ketika ingin berinteraksi dengan para pengikutnya. Melalui komentar, pemilik akun bisa membangun hubungan dengan followers. Semakin banyak komentar yang diberikan, menandakan ER TikTok Anda bagus.
2. Share
Pada saat pengikut Anda mengklik “Share” kemudian “Copy Connection”, maka algoritma TikTok menganggap video tersebut dibagikan ke orang lain. Apa manfaatnya? Peringkat video Anda menjadi lebih tinggi.
Hal tersebut membuka peluang lebih besar konten Anda muncul di FYP. Setelah itu, perlahan engagement rate-nya akan meningkat. Bahkan bisa terus mengalami peningkatan selama beberapa hari ketika terus muncul di FYP banyak pengguna TikTok lainnya.
3. Like
Selain comment, tombol like juga bisa menentukan seperti apa performa akun TikTok Anda. Bagaimana cara membuat jumlah like lebih banyak? Salah satu cara dengan menghadirkan nama serta bio menarik.
Selain itu, pastikan akun TikTok Anda tidak dikunci (private). Kemudian Anda juga dapat menautkan akun Anda tersebut ke YouTube. Mengikuti tren baru sampai memanfaatkan hashtag populer juga menjadi cara efektif agar banyak orang memberikan like-nya ke postingan Anda.
4. View
Faktor berikutnya yang juga berpengaruh terhadap ER TikTok yaitu view. Pada TikTok, cara menghitung view sangat sederhana. Ketika seseorang memutar video TikTok, itu sudah dihitung sebagai penayangan.
Ketika viewers tersebut menonton konten Anda beberapa kali, semuanya juga masuk sebagai penayangan baru. Jadi, ketika konten Anda menarik maka otomatis banyak orang yang menontonnya berkali-kali.
Hal tersebut sangat bermanfaat meningkatkan jumlah view. Pada akhirnya, engagement rate TikTok semakin tinggi.
5. Total Playtime
Faktor berikutnya yaitu tentang total waktu atau total playtime. Untuk penghitungannya berdasarkan detik terakhir dari setiap video. Anda bisa mengecek total playtime TikTok baik mingguan maupun bulanan.
Informasi yang Anda dapatkan bukan hanya total playtime. Di TikTok, Anda juga bisa mengecek siapa saja pengguna atau viewers konten Anda tersebut.
Tips Meningkatkan ER TikTok
Beberapa tips penting agar engagement rate TikTok meningkat yaitu:
1. Posting secara Rutin
Konsistensi menjadi faktor yang sangat penting terhadap ER. Dengan memosting secara rutin, membantu Anda memperoleh perhatian audiens. Anda harus mengunggah video menarik dengan resolusi tinggi. Dua hal ini menjadi yang alasan penting mengapa pengguna TikTok menonton konten Anda.
Selain itu, postingan Anda juga harus mempunyai ciri khas tersendiri. Jadi, audiens pun lebih mudah mengenali campaign maupun brand yang Anda jalankan.
2. Manfaatkan Fitur Interaktif
Manfaatkan fitur seperti Q&A. Fitur tersebut berguna untuk menjawab segala pertanyaan audiens. Anda bisa memanfaatkan fitur ini dalam meningkatkan engagement rate TikTok.
Anda juga bisa membalas komentar pengguna lain melalui video sampai stitch. Dengan membalas komentar mereka, hal tersebut efektif untuk meningkatkan antusiasme audiens terhadap akun TikTok Anda.
3. Perhatikan Analytics
Perhatikan analytics dan ketika terjadi kesalahan jam tayang segera sesuaikan dan jadwalkan ulang. Melalui analytics, Anda akan memperoleh informasi penting dalam meningkatkan ER TikTok.
Sudah Paham Apa Itu Engagement Rate TikTok?
Sekian pembahasan seputar apa itu engagement rate TikTok dan cara menghitungnya. Jadi, ER ini sangat penting untuk melihat seberapa sering interaksi yang dilakukan. Bagi yang fokus dalam dunia digital marketing, Anda harus paham cara menghitung serta meningkatkan ER tersebut.
Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.