apa itu engagement rate instagram

Apa Itu Engagement Rate Instagram? Ini Pengertian dan Cara Menghitung

Instagram adalah salah satu sosial media yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan para kaum milenial saat ini. Bahkan mereka melakukan berbagai cara demi mendapatkan engagement rate yang bagus. Apa itu engagement rate Instagram?

Pengertian Engagement Rate

Engagement rate atau orang juga sering menyebutnya sebagai tingkat keterlibatan dalam Instagram merupakan metrik yang berfungsi untuk mengukur performa suatu konten atau akun media sosial. Dengan kata lain, dalam metrik ini Anda bisa menilai keterlibatan dari pengikut dengan konten tersebut.

Metrik ini bisa menjadi indikator tingkat brand awareness dari konten atau produk yang akun media sosial tersebut tawarkan. Ini memungkinkan karena dengan metrik tersebut Anda bisa melihat bahwa suatu konten mendapatkan banyak perhatian dari pengikutnya melalui interaksi antar pengguna.

Tingkat engagement ini juga akan sangat berguna untuk memahami keinginan dari audiens sehingga akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dari produk Anda. Lalu bagaimana engagement rate bisa dikatakan bagus?

Engagement Rate Instagram yang Bagus Berapa?

Pada dasarnya, tingkat engagement di Instagram berkisar antara 1 sampai 5 persen. Untuk engagement yang baik biasanya berbeda-beda setiap bidang atau industri produk. 

Jadi Anda perlu research terlebih dahulu berapa rata-rata engagement yang baik untuk konten atau produk yang Anda tawarkan. Namun, biasanya engagement 1-3 persen sudah tergolong bagus. 

Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk untuk meningkatkan engagement di Instagram, beberapa di antaranya yaitu:

1. Buat Jadwal Postingan yang Tepat

Untuk bisa meningkatkan engagement Instagram, Anda juga perlu memperhatikan jadwal untuk memposting konten. Usahakan Anda membuat jadwal secara tepat untuk setiap konten yang akan Anda upload

Untuk mendapatkan engagement terbaik, Anda bisa upload saat-saat jam istirahat karena pada waktu tersebut cenderung banyak orang sedang memegang HP. Misalnya jadwal istirahat makan siang, sore hari, atau menjelang malam hari. 

2. Memaksimalkan Hashtag dan Caption

Hashtag dan caption juga menjadi faktor penentu tingkat engagement di Instagram. Kedua hal ini berhubungan erat satu sama lain, karena caption yang baik jika tidak diikuti dengan hashtag yang tepat maka tidak akan bisa meningkatkan performa konten Anda  

Untuk itulah, sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan penggunaan hashtag dan caption yang tepat. Jika kesulitan, Anda bisa menggunakan beberapa jasa pembuat konten untuk memaksimalkan caption dan hashtag ini. 

3. Manfaatkan Instagram Story

Untuk meningkatkan engagement rate, memaksimalkan Instagram Story adalah salah satu pilihan terbaik. Di Instagram Story ada banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten Anda tampak menarik. 

Misalnya, fitur Question atau Quiz yang bisa Anda gunakan untuk berinteraksi dengan pengikut Anda. Namun dalam pembuatan quiz ini sebaiknya Anda menggunakan foto berkualitas dan dengan kalimat yang menarik. 

4. Buat Giveaway

Siapa yang tidak suka hadiah? Semua orang tentunya menyukai hadiah. Nah Anda bisa memanfaatkan ini unik menarik banyak orang mengikuti Instagram. 

Caranya dengan membuat giveaway dimana untuk memenangkannya seseorang harus mengikuti akun Instagram Anda  Namun, untuk cara ini Anda juga perlu membuat konten-konten yang menarik agar pengikut baru tersebut tetap bertahan untuk mengikuti instagram Anda   

5. Bekerja Sama dengan Influencer 

Bekerja sama dengan influencer juga sudah terbukti bisa meningkatkan engagement rate Instagram. Hal ini karena para influencer tersebut akan mempromosikan akun melalui Instagramnya. 

Semakin banyak followers dari influencer tersebut, maka semakin besar pula kemungkinan tingkat engagement Instagram Anda akan meningkat. Jadi sebaiknya Anda bekerja sama dengan influencer yang sudah banyak pengikutnya. 

Cara Menghitung Engagement Rate

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam menghitung engagement rate. Mulai dari mengetahui performa setiap konten (post), jangkauan (reach), bahkan berdasarkan tayangan atau views konten yang Anda buat. Untuk lebih jelasnya, berikut uraiannya:

1. Engagement Rate based on Reach (ERR)

Faktanya, postingan di Instagram tidak selalu hanya dilihat oleh pengikut saja, tetapi juga oleh orang yang bukan pengikut Anda. Jadi untuk menghitung ER dalam kondisi ini yaitu berdasarkan reach atau postingan yang Anda buat. 

Untuk itulah cara ini termasuk lebih akurat dalam menghitung engagement rate. Adapun untuk rumus menghitungnya adalah: 

ER = total engagements per post / reach per post x 100.

Namun, hasil perhitungan dengan metode ini bersifat tidak tetap atau selalu berubah karena nilainya dipengaruhi oleh angka reach pada postingan. Walau begitu, dengan cara ini Anda juga bisa tahu berapa jumlah non-followers yang melihat konten Anda 

2. Engagement Rate based on Post (ERP)

Untuk perhitungan engagement, Anda juga bisa menggunakan metode ERP. Metode ini paling cocok Anda terapkan untuk akun media sosial yang memiliki angka reach post yang fluktuatif. 

Hal ini karena hasil engagement-nya biasanya lebih stabil karena Anda akan membagi tingkat interaksi suatu unggahan dengan jumlah pengikutnya. Adapun untuk perhitungannya menggunakan kaidah rumus berikut: 

ER = total engagements on a post / total followers x 100.

3. Engagement Rate Based on Impression (ER Impression)

Cara perhitungan engagement rate Instagram selanjutnya yaitu berdasarkan nilai impresinya. Jadi jika  menggunakan metode ini, Anda bisa tahu juga seberapa sering konten tersebut tampil di beranda audiens. Adapun rumus untuk menghitung ER berdasarkan impression yaitu: 

ER = total engagements on a post / total impressions x 100.

4. Daily Engagement Rate atau DER

Dari namanya saja, Anda sudah bisa mengetahui bahwa cara perhitungan ini berguna untuk mengetahui akumulasi engagement harian. Ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda yang melakukan evaluasi harian terkait dengan akun. 

Namun kelemahan dari cara ini yaitu kurang akurat karena Anda tidak bisa membedakan antara satu pengikut yang melakukan engagement berulang kali dengan yang hanya sesekali. Adapun untuk perhitungannya bisa menggunakan rumus berikut: 

ER = total engagements in a day / total followers x 100.

5. Engagement Rate based on Views (ERV)

Anda juga bisa menghitung ER berdasarkan jumlah views unggahan  Anda.  Metode ini idealnya untuk menilai postingan video berdasarkan pada views konten tersebut. 

Namun kekurangannya, ini hanya akan menghitung views secara keseluruhan. Jadi walaupun satu pengguna yang melihat video Anda secara berulang-ulang akan tetap terhitung. Adapun untuk rumusnya yaitu:  

ER = total engagements on a video / total views  x 100.

6. Factored Engagement Rate

Cara menghitung ER ini berdasarkan pada salah satu faktor engagement rate itu sendiri, seperti jumlah komentar maupun likes. Artinya semakin banyak komentar dan like, maka semakin besar tingkat ER akun Instagram tersebut. Adapun untuk perhitungannya menggunakan rumus:  

ER likes = [(jumlah likes x 2) – jenis engagements lainnya] x 100.

Sudah Tahu Apa itu Engagement Rate Instagram?

Nah setelah Anda mengetahui tentang ER dan cara perhitungannya tersebut, bisa langsung terapkan sendiri pada akun Instagram Anda. Untuk mendapatkan nilai ER terbaik, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat!

Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin