Bicara tentang apa itu Engagement Rate Facebook, tentu tidak terlepas dari analisis data perhitungan konten marketing dan iklan. Melalui perhitungan rate ini, Anda dapat menentukan tolak ukur terkait efektivitas digital marketing. Selain itu, indikator ini merupakan tools pengukur dan evaluasi terkait konten marketing.
Konsep indikator ini sebenarnya hampir mirip dengan analisis kata kunci yang mungkin biasa Anda gunakan untuk mencari keyword SEO. Pada sebuah bisnis, metrik ini tentu sangat penting guna bahan evaluasi promosi dan penjualan produk. Lantas, apa itu indikator konten Facebook? Mari simak artikel ini selengkapnya!
Contents
Apa itu Engagement Rate Facebook?
Pada dasarnya, Engagement Rate Facebook adalah indikator perhitungan terhadap seluruh tindakan yang dilakukan audiens pada sebuah postingan konten di media sosial Facebook. Tindakan tersebut termasuk klik tautan, sharing konten, komentar, like konten, dan aktivitas kunjungan profil.
Indikator Facebook Anda akan memberikan penilaian yang jujur tentang kualitas konten. Kemudian, indikator ini akan memperhitungkan jumlah followers, serta insight konten yang Anda miliki. Sehingga, kedepannya Anda dapat mengevaluasi seluruh aktivitas Facebook terkait konten, followers, dan juga periklanan.
Istilah Penting (Key Terms)
Sebelum membahas secara spesifik terkait indikator perhitungan konten Facebook, Anda perlu mengetahui beberapa istilah kunci pada perhitungan indikator tersebut. Berikut adalah Key Terms penting pada Indikator konten Facebook:
- Reach: Berapa banyak orang yang telah melihat postingan Anda di timeline mereka.
- Click: Jumlah orang yang mengklik link atau gambar di postingan Anda.
- Share: Berapa kali pengguna membagikan postingan Anda di halaman.
- Coment: Berapa banyak orang yang mengomentari kiriman Anda.
- Like: Jumlah orang yang menyukai postingan Anda.
Cara Menghitung Engagement Rate Facebook
Setelah mengetahui apa itu pengertian Engagement Rate Facebook dan istilah penting terkait Indikator konten Facebook. Berikut adalah beberapa cara menghitung rasio indikator konten Facebook dengan mudah dan simpel. Simak penjelasan lengkapnya:
1. Rasio Engagement Berdasarkan Reach (ERR)
Indikator perhitungan berdasarkan reach adalah metode yang paling populer untuk menghitung engagement rate di platform media sosial Facebook. Metode ini akan menghitung jumlah persentase dari akun yang melakukan interaksi dengan konten Anda berdasarkan jumlah reach (orang yang melihat konten) konten Anda tersebut.
Kemudian, Anda bisa menggunakan rumus di bawah ini untuk menghitung rasio indikator interaksi pada satu postingan akun Facebook:
(Engagement = total interaksi per satu postingan / reach per postingan x 100%)
2. Rasio Engagement Berdasarkan Postingan (ERP)
Apa itu ERP pada Engagement Rate Facebook? Secara teknis, rasio ini akan mengukur interaksi followers terhadap postingan tertentu. Pada dasarnya, rasio metrik ini hampir serupa dengan metode ERR.
Namun, ERP memakai postingan sebagai sumber parameter pengukurannya dan bukan menggunakan reach seperti pada metode ERR. Berikut adalah rumus ERP:
(Engagement = Total interaksi pada sebuah postingan / jumlah followers x 100)
3. Rasio Engagement Berdasarkan Aktivitas Harian (ERD)
Indikator selanjutnya adalah dengan menghitung Rasio Engagement Berdasarkan Aktivitas Harian (ERD). Melalui indikator ERD, Anda dapat menentukan hari tertentu di mana followers mengakses akun Facebook Anda untuk menghitung rasio ERD. Coba gunakan rumus berikut ini:
(Engagement = Total interaksi per hari / Jumlah followers *100)
4. Factored Engagement Rate
Sama seperti namanya, Factored Engagement Rate akan menghitung tingkat engagement dengan cara menambahkan bobot baik itu secara lebih atau kurang dalam beberapa faktor-faktor tertentu untuk metode kalkulasinya.
Misalnya, menyematkan nilai lebih tinggi pada rasio comment dibandingkan dengan likes. Sehingga, setiap comment akan mempunyai bobot dengan nilai 2. Sedangkan untuk likes dan bentuk interaksi lainnya akan memiliki nilai bobot 1. Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:
(Factored Engagement Rate = (Total coment x 2) + bentuk interaksi lain / reach per satu postingan *100)
Pentingnya Rasio Engagement Facebook
Sebagai indikator penentu tingkat keefektifitasan konten Facebook, rasio ini sangat penting untuk Anda pelajari. Berikut alasan terkait pentingnya rasio Engagement sebagai tolak ukur keberhasilan konten marketing pada media sosial Facebook:
1. Indikator Interaksi Audiens
Kebanyakan orang umumnya lebih menyukai suatu konten karena mereka melihat pengguna lain melihat konten tersebut. Kemudian, adanya jumlah likes yang mengalami peningkatan ini bukan berarti konten tersebut mempunyai nilai yang baik di mata para audiens.
Karena itu, fungsi Engagement Rate Facebook dapat Anda jadikan sebagai suatu alat ukur guna menyaring aktivitas serta interaksi dari followers tersebut. Melalui rasio engagement, Anda dapat mengetahui jenis konten yang paling efektif untuk menarik perhatian audiens.
2. Melihat Perkembangan Kompetitor
Tak hanya terbatas sebagai rasio indikator konten dan akun saja. Akan tetapi, engagement rate juga dapat menjadi tolak ukur serta acuan Anda untuk mengetahui perkembangan nilai promosi kompetitor. Ini tentu sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang mengelola bisnis dan melakukan periklanan di media sosial Facebook.
Melalui engagement rate, insight terkait konten marketing yang Anda posting di Facebook akan tampil secara spesifik. Mulai dari rasio interaksi, aktivitas kunjungan profil, tautan link bisnis, bahkan efektivitas konten promosi tersebut.
Jika ternyata tingkat penjualan Anda menurun atau bahkan stak, maka tentu ada yang salah dari konten promosi Anda. Selain itu, jika ternyata kompetitor Anda justru memiliki interaksi yang banyak, bahkan pengikutnya terus bertambah. Tentu saja, strategi marketing mereka di Facebook berjalan efektif.
Karena itu, pentingnya engagement rate yakni sebagai tolak ukur bisnis dan sebagai tools pemantau kinerja kompetitor bisnis Anda. Sehingga, bisnis Anda dapat bersaing berdasarkan tolak ukur yang tertera pada indikator konten yang Anda unggah tersebut.
Cara Meningkatkan Engagement Rate Facebook
Setelah mengetahui apa itu Engagement Rate Facebook dan cara menghitungnya. Berikut ini beberapa cara untuk meningkat rasio engagement terhadap unggahan konten di media sosial Facebook. Simak penjelasan lengkapnya:
1. Menentukan Target Audiens
Target audiens merupakan aspek penting untuk meningkatkan rasio engagement di media sosial manapun. Anda dapat menentukan target audiens konten Anda melalui insight Facebook. Lewat tools ini, akan tampil kisaran audiens yang berinteraksi pada suatu unggahan konten di akun Facebook Anda.
Nantinya, melalui analisis ini Anda dapat menentukan jenis konten, kisaran usia followers yang berinteraksi, serta jangkauan postingan Anda tersebut. Kemudian, Anda dapat mengoptimalkan data tersebut agar konten marketing menjadi lebih efektif.
2. Penjadwalan Konten
Selain mempertimbangkan terkait target audiens, faktor penting lainnya untuk meningkatkan engagement di media sosial yakni schedule konten. Melalui penjadwalan konten, unggahan postingan Anda pasti akan lebih efektif.
Cara mengetahui schedule konten terbaik adalah dengan melakukan analisa waktu terbaik terkait kapan audiens mengakses atau berinteraksi terhadap konten Anda.
3. Unggah Konten Berkualitas
Analisis engagement tak hanya sebatas sebagai acuan rasio perhitungan saja. Namun, indikator ini bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi konten. Sehingga kedepannya Anda bisa membuat konten yang berkualitas berdasarkan analisis insight dari engagement yang Anda dapatkan.
Sudah Paham Tentang Apa itu Engagement Rate Facebook?
Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu Engagement Rate Facebook, serta tips dan cara menghitungnya. Intinya, indikator rasio engagement ini sangat penting bagi Anda yang mengelola periklanan bisnis di Facebook. Selain itu, engagement juga berfungsi sebagai bahan pertimbangan terhadap evaluasi konten marketing.
Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.