Jika kamu tidak paham seputar digital marketing, ada baiknya kamu mengalihdayakan kegiatan pemasaran bisnis kamu kepada digital agency. Tapi sebelumnya, kamu harus paham dulu apa itu digital agency dan apa saja yang dapat mereka lakukan untuk bisnis kamu.
Contents
- Apa Itu Digital Agency?
- Apa Saja Jasa Digital Agency?
- 1. Layanan SEO (Search Engine Optimization)
- 2. Layanan Content Marketing
- 3. Layanan Social Media Marketing
- 4. Email Marketing Services
- 5. Digital Advertising
- 6. Strategi Digital Marketing
- 7. Analisis Digital Marketing
- 8. Jasa Desain Website
- 9. Layanan Pengembangan Website
- 10. Layanan Pengembangan Aplikasi Seluler
- 11. Layanan Grafis Desain
- 12. Layanan Pemasaran E-Commerce
- Kelebihan Menggunakan Digital Agency untuk Bisnis
- 5 Tips Memilih Digital Agency untuk Bisnis
- Tertarik Menggunakan Jasa Digital Agency?
Apa Itu Digital Agency?
Digital agency adalah perusahaan atau bisnis yang memiliki keahlian dalam kegiatan pemasaran digital. Dengan kata lain, mereka dapat membantu kamu melakukan kegiatan kampanye digital mulai dari meningkatkan brand awareness, promosi produk atau layanan, dan membantu menjangkau audiens yang lebih luas.
Apa Saja Jasa Digital Agency?
Berdasarkan laman Equinet Academy, terdapat 12 jenis layanan jasa digital agency yang bisa kita temukan.
1. Layanan SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah layanan yang paling umum ditawarkan oleh digital agency untuk membantu meningkatkan peringkat website bisnis kliennya di search engine results page (SERP), umumnya adalah Google.
Layanan SEO ini biasanya terbagi menjadi 7 jenis, yang terdiri:
- Local SEO
- E-Commerce SEO
- Voice SEO
- On-Page SEO
- Off-Page SEO
- Technical SEO
- SEO Audit
2. Layanan Content Marketing
Digital agency juga menyediakan layanan jasa pembuatan content marketing. Seperti yang kita ketahui, content marketing adalah bagian penting dari setiap kegiatan pemasaran digital untuk mendapatkan leads, traffic, engagement, hingga penjualan.
Beberapa jenis content marketing yang paling sering ditawarkan oleh digital agency adalah:
- Infografis
- Video
- E-Book
- Whitepaper
3. Layanan Social Media Marketing
Sekarang sudah banyak sekali perusahaan yang mengandalkan social media marketing (SMM) untuk menghubungkan merek mereka dengan pelanggan.
Umumnya, kegiatan pemasaran media sosial ini fokus untuk meningkatkan kesadaran merek, membangun reputasi merek, dan menumbuhkan perasaan dan persepsi positif tentang merek tersebut.
Biasanya, layanan SMM yang disediakan oleh digital agency adalah:
- Strategi pemasaran media sosial.
- Pembuatan konten media sosial.
- Penerbitan konten.
- Riset dan analisis.
- Kampanye dan manajemen komunitas.
4. Email Marketing Services
Digital agency juga menyediakan layanan email marketing yang bertujuan untuk menjaga hubungan antar merek dengan pelanggannya.
Biasanya, kegiatan email marketing ini hanya akan disampaikan oleh pelanggan yang bersedia mendapatkan email promosi, informasi terbaru, dan penawaran khusus. Jadi, pesan yang disampaikan lebih personalisasi daripada konten media sosial.
5. Digital Advertising
Melihat banyaknya pengguna smartphone, membuat banyak merek mengandalkan iklan digital untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, iklan digital juga mendorong penjualan, kesadaran merek, dan berbagai kebutuhan pemasaran lainnya yang kamu inginkan.
Saat ini, ada beberapa saluran periklanan digital yang sering ditawarkan oleh agensi, yaitu:
- Facebook Ads.
- Google Ads.
6. Strategi Digital Marketing
Membuat strategi digital marketing bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, hasil yang kamu dapatkan mungkin tidak akan semaksimal yang diberikan oleh digital agency.
Kenapa?
Pertama, digital agency sudah melayani banyak klien dari lini bisnis yang berbeda-beda. Ini berarti, mereka sudah memiliki data kampanye yang efektif untuk lini bisnis tersebut.
Kedua, mereka akan mengandalkan pengalaman strategi kampanye digital yang telah mereka lakukan sebelumnya. Dari data-data tersebut, mereka akan mengolahnya kembali atau mengembangkannya kembali untuk klien berikutnya.
Dengan kata lain, mereka tidak lagi mengira-ngira dan menganalisa dari awal siapa target audiens yang ingin mereka incar. Mereka cukup menggunakan data yang sudah mereka miliki dan menggunakannya kembali atau memperbarui data tersebut untuk klien-klien berikutnya.
7. Analisis Digital Marketing
Kamu tidak perlu bingung lagi membaca grafik dan data analitik yang muncul di insight media sosial atau akun Google Ads. Karena digital agency yang akan memonitor, mengoptimalisasi, dan memberikan laporan secara reguler kepada kamu.
8. Jasa Desain Website
Digital agency juga menyediakan layanan jasa desain website bisnis atau perusahaan. Dengan begitu, penampilan website bisnis kamu akan terlihat jauh lebih profesional dan menarik di mata pelanggan.
9. Layanan Pengembangan Website
Selain membangun website, digital agency juga memberikan layanan pengembangan website, seperti meningkatkan kecepatan akses website, menambahkan layanan e-commerce, custom management system, dan masih banyak lainnya.
10. Layanan Pengembangan Aplikasi Seluler
Agensi digital juga menyediakan layanan pembuatan aplikasi seluler. Mulai dari konsep awal aplikasi, tampilan UI/UX aplikasi, optimalisasi aplikasi, memasukkan aplikasi di Google Play Store dan App Store, hingga pemeliharaan aplikasi selama 24/7.
11. Layanan Grafis Desain
Agensi digital juga menyediakan layanan grafis desain untuk kebutuhan bisnis dan branding. Mulai dari pembuatan logo, desain produk, desain kemasan, brosur, kop surat, dan masih banyak lainnya.
12. Layanan Pemasaran E-Commerce
Persaingan bisnis di marketplace sangat kompetitif. Jika kamu merasa toko e-commerce bisnis kamu tidak ada perkembangan, kamu bisa menggunakan jasa digital agensi.
Mereka akan bersedia membantu kamu mengoptimalkan tampilan toko e-commerce dengan menggunakan teknik SEO, PPC, display advertising, dan email marketing.
Kelebihan Menggunakan Digital Agency untuk Bisnis
Berikut adalah 5 kelebihan dan manfaat yang akan kamu dapatkan saat menggunakan jasa digital agensi:
1. Tim Profesional
Kelebihan pertama menggunakan digital agency adalah kamu mendapatkan tim professional yang ahli di bidang digital. Kamu bisa berkonsultasi dan menceritakan masalah yang kamu hadapi kepada mereka, supaya mereka dapat mencari strategi terbaik untuk bisnis kamu.
2. Hemat Waktu
Tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam memikirkan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis. Kamu hanya perlu mempekerjakan agensi digital dan menyerahkan semua pekerjaan digital marketing kepada mereka. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada penjualan dan manajemen bisnis saja.
3. Hemat Biaya
Mungkin kamu percaya bahwa tim kamu bisa mengerjakan semua kegiatan pemasaran digital sendiri, mulai dari membangun website, membeli domain sendiri, dan sebagainya.
Memang benar, tapi apakah tim kamu bisa memperbaiki masalah technical? Jika tidak, tentu kamu akan mempekerjakan seseorang yang ahli di bidang tersebut dan tentu kamu akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi.
Tapi itu tidak akan terjadi, jika kamu bekerjasama dengan agensi digital, karena mereka biasanya menyediakan layanan all-in, mulai dari pemeliharaan dan memperbaiki website bisnis kamu.
4. Target Market yang Ideal
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, agensi digital berpengalaman pasti sudah memiliki data kampanye yang efektif. Jadi, mereka dapat menjalankan kampanye digital yang memang sudah terbukti efektifitasnya.
5. Lebih Fokus pada Bisnis
Mempekerjakan agensi untuk kegiatan pemasaran digital akan mengurangi beban pekerjaan kamu dan juga tim. Dengan begitu, kamu bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk fokus menjalankan bisnis.
5 Tips Memilih Digital Agency untuk Bisnis
Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa agensi, kamu wajib baca tips memilih digital agency berikut ini:
1. Profil Perusahaan
Langkah pertama sebelum memilih digital agency untuk bisnis adalah dengan mempelajari profil perusahaan mereka. Kamu bisa mempelajari hal tersebut melalui website mereka, akun media sosial mereka, atau meminta brosur profil perusahaan secara langsung kepada mereka.
2. Ketahui Layanan dan Jasa Mereka
Biar kamu tidak salah pilih, kamu wajib pelajari dulu layanan dan jasa yang mereka miliki. Terkadang, beberapa agensi tidak menyediakan layanan atau jasa yang kamu inginkan.
Hal terburuknya, mereka bisa nekat mengambil pekerjaan tersebut, padahal belum memiliki pengalaman jasa yang kamu inginkan.
3. Portfolio dan Klien
Selanjutnya, kamu bisa melihat portofolio projek-projek yang pernah mereka kerjakan. Biasanya, kamu bisa temukan portfolio ini di website mereka. Jika tidak ada, kamu bisa bertanya kepada customer service untuk mendapatkan info ini.
Setelah itu, perhatikan juga klien-klien yang pernah bekerja sama dengan mereka! Semakin banyak klien yang mereka miliki, maka profesionalitas mereka sudah cukup terbukti baik.
4. Metode Pemasaran dan Tools yang Digunakan
Sebelum memutuskan bekerjasama dengan mereka, ada baiknya kamu coba bertanya mengenai metode pemasaran yang mereka lakukan. Biasanya, agensi sudah memiliki metode pembuatan strategi digital.
Setelah itu, tanyakan juga tools apa saja yang mereka gunakan dalam kegiatan kampanye. Ini sangat penting, supaya kamu tahu bahwa tools yang mereka gunakan memang tepat untuk kebutuhan kampanye digital bisnis kamu.
5. Perjanjian Kontrak Kerja
Tips terakhir adalah perjanjian kontrak kerja. Ini sangat wajib kamu ketahui untuk menghindari tindakan penipuan dan masalah lainnya.
Tertarik Menggunakan Jasa Digital Agency?
Itulah serba-serbi tentang apa itu digital agency, mulai dari pengertian, jenis layanan, dan tips memilih jasa digital agency. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa menemukan jasa agensi yang tepat untuk bisnis kamu.
Sebagai salah satu jasa digital marketing agency di Jakarta Indonesia. Virus Media siap membantu untuk kembangkan bisnis anda.
Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya disini.